PERUSAHAAN KAMI TERPERCAYA SEJAK TAHUN 1986,KAMI BERUSAHA MEMBERIKAN YANG TERBAIK BUAT COSTUMER.KEPERCAYAAN ANDA ADALAH TUJUAN UTAMA KAMI,website INI INOVASI DARI JGENTENG.BLOGSPOT.COM

PROSES PEMBUATAN GENTENG TANAH LIAT TRENGGALEK

Sebelum diproduksi ke pasaran genteng tanah liat pastinya melalui proses pembuatan. Berikut kami jelaskan beberapa proses pembuatan genteng tanah liat.


1.  Proses pemilihan bahan mentah

Dalam proses ini sangatlah penting,karena akan sangat berpengaruh dalam kwalitas produk genteng.

2.  Proses pengolahan tanah liat

Setelah pemilihan bahan mentah selesai, Proses selanjutnya yaitu penggilingan bahan mentah. Proses ini bertujuan agar mendapatkan tanah liat yang bertekstur lebih halus serta merata.
Penggilingan berlangsung dalam waktu yang cepat dengan keluar berupa tanah liat yang telah tercetak kotak-kotak sesuai dengan ukuran genteng yang akan dicetak.

3.  Proses pencetakan genteng


Dalam proses ini biasanya dilakukan dengan cara memasukkan potongan kotak-kotak tanah liat ke dalam mesin press. Sebelum dimasukkan ke mesin press pipihkan dahulu potongan tanah liat dengan cara dipukul dengan kayu. Tujuan supaya padat dan pas sesuai dengan ukuran mesin press. Kemudian angkat genteng basah yang sudah selesai dicetak.

4.  Proses pengeringan


Untuk proses pengeringan ada bebrapa cara yaitu:

  • Proses pengeringan dengan menggunakan sinar matahari,dimana genteng yang masih basah dijemur dibawah sinar matahari selama kurang lebih 4 hari.
  • Proses pengerigan dengan cara diangin-anginkan didalam gudangan yang terbuka selama kurang lebih 10 hari.
  • Proses pengeringan dengan cara dioven,pengeringan dengan cara ini cukup singkat hanya membutuhkan waktu 2 hari. Tetapi pengeringan dengan cara dioven ini memerlukan biaya yang cukup mahal,karena pengovenan dilakukan menggunakan bahan bakar kayu.
5.  Proses penghalusan


Proses ini yaitu dengan menghaluskan sisa-sisa tanah liat yang menempel pada bagian sisi genteng dengan cara disisik atau bahasa orang trenggalek di kesik.

6.  Proses pembakaran


Dalam proses ini pembakaran geteng berlangsung selama 1 hari dimana suhu dalam pembakaran mencapai kurang lebih 600℃ dengan menggunakan baha bakar kayu.

7.  Proses pemilihan



Proses ini adalah proses terakhir dari pembuatan genteng yaitu pemilihan dan penyortiran genteng yang berkualitas dan siap diproduksi dipasaran.

Demikian bebrapa penjelasan dalam proses pembuatan genteng tanah liat di trenggalek, khususnya di Ds.Kamulan. Semoga dapat menjadikan inspirasi untuk anda.



BUTUH GENTENG NGLAYUR ASLI TRENGGALEK
KWALITAS TERJAMIN

SILAHKAN 

"BARANG KAMI ANTAR SAMPAI TUJUAN"